Pengobatan Jerawat Vulgaris

Acne vulgaris adalah bentuk jerawat yang mempengaruhi orang di seluruh dunia. Hal ini terutama ditemukan pada remaja, namun kasus orang dewasa sangat umum terjadi. Penyebab pastinya tidak diketahui.

Semua kasus dimulai dengan komedo, atau lesi jerawat, yang tersumbat dengan minyak dan bakteri. Itu terletak di bawah kulit dan tumbuh seperti kulit menghasilkan minyak (sebum). Bakteri memakan minyak dan bisa membesar dan bengkak. Jika ini terjadi, kulit pada gilirannya menjadi teriritasi saat sel darah putih mencoba melawan peradangan.

Jika folikel tersumbat tetap berada di bawah permukaan kulit, tapi tidak menjadi meradang, itu disebut whitehead, atau komedo tertutup. Jika steker membesar dan menembus permukaan kulit, itu disebut komedo terbuka atau blackhead. Tampilan gelap steker ini karena penumpukan melanin di permukaan dan bukan kotoran.

Jerawat vulgaris bisa menyebabkan kulit menjadi meradang. Bentuk paling ringan dari peradangan ini adalah papula, yang tampak seperti benjolan kecil dan keras pada kulit. Pustula mirip dengan papula tapi memiliki pusat putih atau kuning. Jenis jerawat vulgaris ini meradang dan menyebabkan iritasi. Nodul adalah legiun besar yang bisa menyakitkan dan bertahan selama beberapa bulan. Kista mirip dengan nodul, tapi penuh nanah dan juga meninggalkan bekas luka dalam. Keduanya menyebabkan jaringan parut dan bisa bertahan selama beberapa bulan. Bentuk yang jarang disebut acne conglobata. Ini adalah kondisi yang biasanya menyerang pria berusia antara 18 sampai 30 tahun. Ini mempengaruhi wajah, dada, punggung, lengan atas, bokong dan paha. Hal ini dapat menyebabkan jaringan parut parah.

Perawatan Jerawat Vulgaris dapat berkisar dari solusi over-the-counter seperti benzoil peroksida atau asam salisilat, ditemukan di topikal populer seperti Clearasil dan Stridex, yang berjuang untuk membersihkan kulit dengan mengurangi bakteri di permukaan dan membersihkan pori-pori. Metode over-the-counter lainnya yang bisa digunakan adalah scrub ringan yang tidak akan mengiritasi minyak pohon atau teh (minyak dari Australia yang memiliki sifat anti bakteri).

Asam Glikolat, asam buah yang mengelupas kulit menyebabkan perputaran sel lebih cepat, bekerja untuk membersihkan pori-pori dengan cepat dan melawan pori-pori tersumbat. Dalam penggunaannya sebelumnya, itu hanya digunakan di kantor dokter kulit, tapi sekarang bisa dibeli dengan harga lebih rendah dalam persentase asam yang rendah.

Untuk kasus yang lebih parah, seseorang harus mengunjungi dokter kulit untuk mendapatkan perawatan jerawat vulgaris yang lebih kuat. Obat-obatan seperti Accutane atau Retin-A dapat diresepkan. Accutane, atau isotretinonin, seharusnya hanya digunakan saat kulit belum merespons perawatan vulgaris jerawat lainnya. Biasanya sangat berhasil membersihkan kulit dari kondisi genap sekalipun, namun memiliki efek samping yang serius.

Kebanyakan orang akan mengalami wajah kering dan bibir pecah saat mereka memakai Accutane. Kedua efek sampingnya adalah yang paling umum; namun efek samping lainnya lebih serius seperti cacat lahir, neurologis dan masalah fisik lainnya dan kemungkinan depresi. Namun, jika kondisinya tidak membaik dengan pengobatan OTC, dan Accutane adalah upaya terakhir, janji perawatan jerawat vulgaris yang sukses mungkin lebih besar daripada risiko yang mungkin terjadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s