Jangan Percaya Mitos Jerawat ini

Ada banyak tuduhan mengenai penyebab jerawat. Seiring teknologi dan sains membantu kita menemukan akar sebenarnya, kita bisa menghilangkan banyak kesalahpahaman seputar jerawat. Namun, mitos masih bertahan. Berikut adalah beberapa mitos yang lebih umum dikenal:

Mitos: Jerawat disebabkan oleh kebersihan yang buruk.

Kurangnya kebersihan bukanlah alasan jerawat. Ada infeksi kulit yang berhubungan dengan jerawat akibat adanya campuran sebum dan sel-sel mati yang berada di bawah permukaan kulit. Meskipun pembersihan lembut kulit dengan sabun dan air satu atau dua kali sehari akan membantu menjaga kesehatan sel sehat, tidak efektif membersihkan infeksi kulit. Berhati-hatilah untuk tidak menggosok terlalu keras karena hal ini bisa memperparah jerawat.

Mitos: Gemuk dan Cokelat akan menyebabkan jerawat.

Orang percaya selama bertahun-tahun bahwa makan coklat akan menyebabkan jerawat. Tidak ada bukti ilmiah untuk penelitian ini – penelitian menunjukkan tidak ada hubungan langsung antara mengkonsumsi cokelat dan jerawat. Hal ini juga berlaku untuk makanan lain seperti keripik kentang dan kentang goreng. Makan terlalu banyak dari jenis makanan ini, bagaimanapun, tidak sehat, dan disarankan untuk makan secukupnya.

Catatan: Meski makanan coklat dan berminyak tidak menimbulkan jerawat, beberapa makanan DO sepertinya memperburuknya. Susu dan makanan tinggi yodium (seperti yang ditemukan dalam makanan laut) tampaknya memperparah jerawat.

Mitos: Seks berhubungan langsung dengan jerawat.

Segala sesuatu dari masturbasi hingga selibat telah disalahkan untuk jerawat. Ini lagi salah. Meski ada kaitan antara kadar hormon dan aktivitas seksual, tidak jelas apa kaitan antara seks dan kadar sebum (menyebabkan jerawat). Emosi dan stres juga mempengaruhi kadar hormon.

Mitos: Anda akan tumbuh dari jerawat.

Jerawat bisa berlangsung beberapa minggu atau selama beberapa tahun. Tidak perlu mencoba untuk hidup dengan itu bila ada begitu banyak perawatan over-the-counter tersedia bagi siapa saja yang menderita ketidaknyamanan dan rasa malu berjerawat. Ahli dermatologi juga mudah dijangkau untuk kasus yang lebih parah.

Mitos: Jerawat hanya mempengaruhi remaja.

Meski 85% remaja mengalami jerawat, orang dewasa rentan terkena jerawat saat berusia 30-an atau 40-an.

Mitos: Jerawat hanya bersifat dangkal.

Karena beratnya kerusakan fisik jerawat menyebabkan stres psikologis. Ada hubungan kuat dengan depresi, penarikan sosial dan harga diri yang rendah.

Mitos: Popping / Squeezing pimples akan menyingkirkannya lebih cepat.

Ini sebenarnya bisa memperparah jerawat dengan cara menyebarkan bakteri yang menyebabkannya! Meremas jerawat juga bisa menyebabkan jaringan parut permanen.

Mitos: Paparan sinar matahari akan membantu membersihkan jerawat.

Meskipun efek jangka pendek dari sinar matahari tampak mengeringkan kelebihan minyak, kulit dengan cepat menyesuaikan diri dengan paparan sinar matahari. Ini menghilangkan manfaat jangka panjang dari paparan sinar matahari dan meningkatkan potensi kerusakan kulit dan kanker.

Mitos: Memakai make up menyebabkan jerawat.

Kulit sehat adalah cara terbaik untuk menghindari jerawat. Karena beberapa makeups bisa menyumbat pori-pori, jerawat sebenarnya bisa berakibat. Kosmetik telah membanjiri pasar dengan label yang menunjukkan bahwa produk tersebut noncomedogenic atau nonacnegenic, yang berarti tidak menyebabkan jerawat. Merek makeup ini aman digunakan. Beberapa sebenarnya termasuk ramuan yang membantu mengobati jerawat.

Mitos: Menggunakan lebih banyak obat jerawat akan merawat kondisinya lebih cepat.

Kelebihan penggunaan salep sebenarnya bisa mengiritasi kulit, memperburuk kondisi. Obat oral bisa membahayakan kesehatan Anda secara keseluruhan. Selalu gunakan obat sesuai petunjuk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s